Sunday, November 6, 2011

Daylight Saving Time

Holla!

So hari ini saya bangun dan langsung liat jam di hp, baru jam setengah 10 (maklumlah hari minggu),, trus seperti biasa bangun pagi perut udah laper, lalu ke dapurlah saya. Pas ngelewatin ruang tamu, jam ruang tamu kok udah menunjukkan waktu jam setengah 11 aja. Hmmm,, buru-buru saya tanya Ka Chiqa. Ternyata, Daylight Saving Time (DST) sudah diberlakukan sejak hari ini. Dan jam hp dan laptop bakal berubah otomatis (kalo punya saya sih ya..), tapi karena jam dinding nggak bersifat otomatis makanya masih menunjukkan waktu yang salah. 
Beberapa orang sempet mention couple days ago kalo sebentar lagi jam bakal dimundurin berkaitan dengan berubahnya musim, yang bikin matahari pagi akan datang lebih lama (means, pagi bakal lebih gelap dr biasanya) dan matahari sore akan lebih cepat terbenam (means, sore hari bakal terasa seperti malam hari). Singkatnya daylight akan menjadi lebih pendek. That's why orang sini memberlakukan DST, yang artinya jam akan maju 1 jam saat awal spring dan mundur 1 jam saat awal winter.

Menurut saya, hal ini cukup unik dan honestly lumayan membingungkan. Saya inget waktu saya baru sampe di US, Luen juga sempet mention tentang hal ini. Waktu itu spring baru mau dimulai. Dia lagi mendiskusikan tentang DST ini sama istrinya, trus dia menjelaskan ke saya. Waktu itu saya kira DST cuma peraturan nursery aja. Ternyata pas saya cari di wikipedia, hal ini berlaku worldwide, termasuk Europe dan negara-negara 4 musim lainnya. Tapi wikipedia bilang, DST itu berlakunya pas spring dimulai (waktu dimajuin sejam karena matahari muncul lebih cepat di pagi hari) dan sekarang, near winter, saat DST berakhir (waktu dimundurin sejam karena matahari pagi lebih lama munculnya). Lebih jelasnya harap liat wikipedia sendiri yakk.. ;p

Berarti nih ya, kalo saya nggak salah ngerti, mulai besok sepertinya saya bisa bangun lebih siang 1 jam. Eh, iya nggak sih? duh, sebenernya saya juga masih bingung.. Hahaa.. 

bukan, ini bukan kuis 'carilah perbedaan', ini ilustrasi DST sesuai pengertian saya :p 
Yak, itu yang saya bisa jelaskeun. Yang lebih mengerti atau malah lebih bingung dari saya, harap isi comment box di bawah, nanti saya tanggapi sebisa saya! Selamat hari minggu! :p

Hasta luego!

3 comments:

  1. kata teman gw DST ini sebenarnya gak ada hubungannya dengan kejadian alam, hanya saja keperluan penghematan energi. Kalau bangun lebih pagi, dan tidur lebih awal kan save energi tu

    ReplyDelete
  2. kok ga berhubungan sih tou? kl menurut gw berhubungan, soalnya jam diubah2 gini kan karna hari seolah2 lebih pendek karna pas winter matahari terbit lebih lambat dan terbenam lebih cepet,, begitu bukan??

    ReplyDelete
  3. iya juga ya sen. maksudnya mungkin maksud diberlakukan DST ini mungkin,, soalnya beberapa negara, kayak kazakhstan, dsb mereka tidak memberlakukan DST ini..

    ReplyDelete