Monday, October 31, 2011

Working Sunday

Holla!

Hari minggu kemarin saya kerja lohh,, tumben nih kebagian kerja weekend hari minggu, tapi ya kalo inget gaji bakal bertambah dikit, ya ikhlas-ikhlas aja jadinya kerjanya. Itung-itung tambahan buat jalan2 keliling Indonesia nantii.. :p
Kemarin saya nggak kerja di tempat biasa. Udah pernah saya mention belom yah kalo Monterey Bay punya dua nursery di 2 lokasi? Lokasi satu di San Miguel Canyon Road, trus yang satu lagi di San Juan Road. San Miguel Canyon Road itu nursery yang utama, lebih luas, workernya banyak, ada kantornya dan bos-bos biasanya lebih banyak beraktivitas disitu. Terus kalo yang di San Juan, nurserynya lebih kecil (tapi tetep luas jugalah) dan worker tetapnya cuma 5 orang dan yang 1 pun udah semi-retired. Makanya nursery yang ini jauuuuuhhhh lebih sepi daripada yang di San Miguel. Dan saya otomatis lebih seneng kerja di San Juan (anti sosial detected). Hehee..
San Miguel juga lokasi rumah saya loh, jadi kalo saya lagi kerja di nursery San Miguel tinggal naik sepeda atau ngesot pun nyampe. Kalo San Juan jaraknya sekitar 3 mil dari rumah, so mesti naik mobil sekitar 15 menit, kalo ngesot capek. :p

A: San Miguel Canyon Rd; B: San Juan Rd
Beda paling mencolok antara San Miguel dan San Juan yang pasti dari jenis tanamannya dan San Juan punya glass house dan casa de madre. Tanaman utama yang ada di San Juan ada 4: Abutilon sp, Begonia sp, Citrus sp, dan tanaman sukulen. 
bunga Abutilon, mirip Hibiscus dan emang masih satu family
Begonia sp.
Citrus house, macem2 citrus dijual as ornamental plant
succulents in glass house
Rumah kaca terdiri dari 8 house dan dibagi jadi 2 section. 5 house buat tanaman sukulen dan 3 house buat citrus. Menurut saya, area paling panas dan humid di San Juan ini ya di glass house khusus citrus ini. Persislah kaya Indonesia. Tiap saya kerja di dalem situ pasti keringet langsung ngucur. 

glass house, panas2 di dalem serasa kaya lagi di Indo
succulents section

citrus in clay pot, cute!
mirip jeruk bali nih
kalo lagi panas bgt, lantai harus dibikin basah buat menjaga humidity glass house

Nah, kalo casa de madre (spanish, casa=house; madre=mother) isinya mother plants atau tanaman induk buat dijadiin cuttingan atau tanaman baru buat ditanam. Casa de madre didominasi sama berbagai macam Abutilon. Ada sih beberapa tanaman lain, tapi paling jumlahnya nggak banyak..

Abutilon mother plants
tanaman di tengah itu namanya Amorphopalus konjak, masih satu keluarga sama bunga bangkai, jadi kalo berbunga bisa bikin bau satu casa de madre, tapi tanaman ini juga dipake buat bahan baku jelly konyaku loh,, pernah denger kan?

Selain 2 fasilitas di atas, ada juga sekitar 10 green house, fields, dan propagation..

salah satu dari 5 green house abutilon
Green house begonia
Fields 
Salah satu isi propagasi: abutilon babies. Saya biasanya ngerjain ini, dari mother plant dibikin sekecil-kecil gini trus ditanam di liner sampai dia berakar (sekitar 1-2 bulan) baru dipindahin ke pot deh.

Nggak kayak kerja weekend biasa yang cuma ngecek-ngecekin tanaman yang kering sekalian nyiram, minggu kemarin saya dapet tugas tambahan: ngasi pupuk ke tanaman citrus. Pupuk yang dikasi jenisnya granule. Nih saya kasi step by step cara memupuk yang baik dan benar.. wekekekk.. *berasa Martha Stewart deh saya..
1. lubangi tanah yang bakal dikasi pupuk, nggak perlu terlalu dalam sampai menyentuh dasar pot
2. measure banyaknya pupuk yang bakal dikasi, biasanya tergantung jenis tanaman dan ukuran pot
3. masukkan pupuk ke lubang yang sudah dibuat
4. tutup kembali lubang dengan tanah
♥♥♥

See you in another post! *salam muka dekil!
Hasta luego! :D

No comments:

Post a Comment