Tuesday, October 18, 2011

Why I hate to grow up: leaving comfort zone

Holla!!

Saya perhatiin, akhir-akhir ini postingan saya selalu tentang jalan-jalan. Baiklah, kali ini saya mau curhat aja. ;)
Nggak terasa saya udah 7 bulan disini lohhhh.. Well, kerasa sih kadang-kadang (sering deng sebenernya.. :p). Nah, saya yang cenderung introvert dan susah deket sama orang baru ini bikin saya susah untuk move on. Move on disini maksudnya buat settle di lingkungan baru dan meninggalkan zona nyaman saya. 
Di zona nyaman itu saya punya temen-temen yang udah saya kenal selama tiga taun, bareng-bareng terus. Dari yang awalnya pas baru kenal saya sering dicap jutek sampe akhirnya jadi deket banget ga pake jaim-jaiman lagi. Buat saya, ngerasa nyaman atau klik atau klop sama orang itu butuh waktu yang nggak sebentar, malah mungkin butuh waktu lebih dari sebulan, 6 bulan atau lebih. Yang paling saya nggak suka, ketika pada akhirnya saya udah ngerasa nyaman dan sayang sama orang-orang di sekeliling saya setelah sekian lama, saya dihadapkan pada kenyataan bahwa kita semua pasti punya jalan hidup masing-masing dan mau nggak mau harus menjalani kehidupan kita yang baru di tahap selanjutnya to be the better us (this's one of many reason why I hate to grow up so much!)
Waktu baru-baru menjalani kehidupan disini, ada teman yang nanya sama saya, "Sen, sebenernya tujuan lo ke Amerika mau ngapain sih?". Waktu itu dengan bangganya saya bilang saya mau keluar dari zona nyaman saya. Coz some people say you'll not going anywhere when you stay in your comfort zone all the time. Menurut saya itu jawaban yang lumayan keren karena buat kebanyakan orang hal itu sulit di lakukan and I made it! Saya berhasil ke Amerika, berarti saya berhasil keluar dari zona nyaman saya dong (begitu pikir saya waktu itu). 
Tapi kenyataannya, sampai sekarang saya masih belom nemu zona nyaman saya yang baru. Disini saya selalu kangen Indonesia, kangen rumah, kangen temen-temen, kangen pacar. Padahal mestinya nggak gitu dong yah. Mungkin aja ini sekali seumur hidup saya punya kesempatan hidup di Amerika. Mestinya saya menikmati kehidupan saya disini, ketemu orang-orang baru, punya aktivitas baru. Bukan berarti saya nggak enjoy sama sekali loh. USA is super fun! No doubt. Tapi nyatanya, I feel like stuck in my old comfort zone and refuse to go out. Buktinya, saya rajin banget internetan, apalagi kalo bukan facebook-an, twitter-an, dan skype-an. Sehari tanpa buka 3 situs itu rasanya kok sepii banget ya hidup saya. Kadang-kadang saya mikir dan mencoba membenarkan diri sendiri: mungkin ini hanya bagian dari proses

Nah, sore tadi akhirnya saya ketemu Luen, bos saya, di nursery setelah lumayan lama nggak ketemu. Tiba-tiba dia nyeletuk, "So, four months left Sandy? Time flies huh?". Entah kenapa kata-kata ini menohok saya. Hm, sebenernya 4 3/4 bulan sih, tapi saya iyain aja.  Pikiran-pikiran random tiba-tiba muncul. Kok tinggal bentar lagi ya? Saya udah ngapain aja ya 7 bulan ini? Saya udah dapet ilmu apa aja ya? Saya udah melakukan yang terbaik belom yah? Atau saya cuma buang-buang uang dan waktu aja selama ini? Mendadak saya galau.  Suddenly I feel nothing, nobody. Tiap hari kerjaannya cuma kangen-kangenan sama orang-orang di Indonesia. Saya panik. Takut ngecewain orang-orang yang punya harapan besar sama saya. Takut ngecewain orang-orang yang udah kasi kepercayaan sama saya. :(

You can see how drama I am. From such a word, had made me feel this miserable. Well, positifnya, saya tiba-tiba inget kalau saya masih punya 4 bulan lebih buat memaksimalkan kunjungan singkat saya disini. Awalnya, mungkin dengan membatasi buka-buka internet dan mengurangi kangen-kangenan sama temen, keluarga, dan pacar (but soon after I thought about this possibility, the soon I doubt myself. Haha! ) But yeaa I'm sure will try. Saya nggak mau pas pulang ke Indonesia nanti, I regret this once in a lifetime chance. Saya nggak mau terjebak sama kenangan2 saya selama disini cuma karena saya nyesel nggak memaksimalkan  hidup saya disini. Saya nggak mau perjalanan saya sia-sia. I wanna be back into the middle of people I love with the better version of me for sureee!

Btw, pulang kerja sambil galau tadi saya MASIH langsung buka facebook and I found this:


Suddenly my eyes were full with tears. I just feel so... loved. :'))
Thank you so much my girls. I ♥ you all! I miss you all, I miss all people I love in Indonesiaaaaaa!! (see, I just break the previous paragraph in minutes,, oh goshh,, ;p)

Hasta luego! Wish me luck! :)

5 comments:

  1. misyutu sen... :))

    Hah tgl 4 bln lagi sen? cepet juga yah. hehehe. ;p

    ReplyDelete
  2. When it hurts to look back and your scared to look ahead you can look beside you and your best friend will be there.

    Maggie Lee

    ayo berjuang seen!

    ReplyDelete
  3. phewe: iya phew, kok mendadak ga pengen pulang ya? haha,, bingung nih maunya apa sih gw,, :p

    pram: what a quote! that's so true! :')

    ReplyDelete
  4. aku yakin kamu sudah banyak yang kamu dapet.. cuma terkadang proses itu tak tersadari.. aku rindu kamu kem

    tish

    ReplyDelete
  5. titissssss,, aku juga rinduuuuuu. rindu kamu berpuisiii.. :')

    ReplyDelete