Saturday, October 29, 2011

Madre

Holla!


Saya baru selesai baca buku ini. Yang ngarang Dewi Lestari (Dee). Loh kok bisa udah baca aja sih sen? Itu kan buku baru? Hehee.. Ini saya dikasih pinjem sama housemate saya, Kak Chiqa. Dia penasaran banget sama novel barunya Dee ini sampe bela-belain beli online langsung dari Indonesia! Wew! Bagus sih, saya jadi kecipratan untung juga bisa pinjem,, hehee.
Sebelumnya saya baru baca satu buku Dee yang Perahu Kertas dan saya suka banget sama gaya dia bercerita disitu. Ceritanya fiksi dan berhubungan sama kehidupan sehari-hari gitu. Padahal kan sebelum-sebelumnya novelnya dia kayaknya yang berbau mesti-mikir-sedikit macem Supernova.
Nah, back to Madre, buku ini merupakan novel kumpulan cerpen kedua setelah Recto Verso. Saya sukaaa sekali cerita-cerita di Madre ini. Ringan tapi punya makna karena Dee ini kalo nulis cerita biasanya melakukan riset kecil-kecilan dulu. Contohnya cerpen Madre. Madre bercerita tentang seorang Tansen yang tiba-tiba diwarisi adonan roti sourdough yang usianya sudah puluhan tahun. Nah, dari cerpen ini, saya juga jadi ngerti istilah-istilah dalam perbisnisan bakery. Dan satu lagi yang saya suka dari Dee, dia selalu bisa bikin saya ketawa dengan percakapan-percakapan dan celetukan lucu si tokoh cerita, padahal ceritanya lagi serius. hihii..
Cerpen favorit saya di buku ini judulnya Menunggu Layang-layang dan Semangkuk Acar untuk Cinta dan Tuhan. Judul terakhir entah kenapa klik banget sama saya.. (Well, saya tau sih sebenernya kenapa,, ;))

Selain cerpen, Dee juga masukkin beberapa puisi karangannya. Biasanya saya nggak terlalu ngerti sama puisi (karena terlalu lemot -__-'), tapi kali ini saya (lumayan) ngerti and fall in love with it.
Ini cuplikan puisi berjudul Ingatan Tentang Kalian yang bikin saya tambah kangen sama Teng Tong Family, temen-teman saya di Arsitektur Lanskap. ;')

......
Sahabat, jika kita berpecah raga
Satu, jika kita memadu raga
Tiada, jika hanya jiwa
Inilah kenangan yang kucuri simpan
Saat kubersemayam dalam ranah yang mereka sebut keabadian
Inilah kenangan yang kusisipkan di sela-sela mentari dan bulan
Yang kelak mereka bisikkan saat kucari kalian
Dalam belantara yang dinamai kehidupan
.......

Kesimpulannya, menurut saya buku ini recommended sekali! Dewi Lestari bisa dibilang jadi Indonesian author favorit saya setelah Fira Basuki. So ayo segera beli bukunya di toko buku terdekat! (padahal saya aja cuma minjem :p)

Hasta luego!

3 comments:

  1. aku udah liat postinganmu ini kmaren2 via hengpon. mau komen susahnya minta ampuuuun. heu. sempet lihat ini buku di gramed, tp gak tertarik beli. satu2nya buku Dee yg aku beli itu Filosofi Kopi yg entah dimana skrg, hehek. banyak Sen penulis2 wanita yg keren lohh. skrg aku lg baca Arsitektur Yang Lain (Avianti Armand), dia Arsitek gitu. jadi itu buku isinya esai tapi semi prosa gitu, menarik, dia membaca "yang lain" dr arsitek itu sendiri. jd ngerasa bersalah gak bener2 dulu pas blajar lengskep )=
    beteweh, missyou lohh.. miss kalok lg gegulingan dan cengcengan di kamar amii.. :'p
    baik-baik di sana yaaaa. oya, kmarin stlh sidang Endy; aku, kaka, n endy ngliat cewek yang mirip kamu bangetttt di bara, di toko spageti (baru). hehehe. yasudah, komen ini jd panjang sekali seperti posting blog -__- mangaaappp m(_ _)m

    ReplyDelete
  2. aaa,, ikaa! aku sukak deh kalo ada yang komeng blogkuu panjaaaangg beginih,, heheek

    kamu tau dr mana sih ka penulis2 bagus gitu? simpen bukunya yang bener ya, ntar pulang aku mau pinjem, sekalian buku yang tentang bali2 itu ka,, hokehh?!

    beteweyy, aku juga misyu kamu banget deeyyhh.. banget bnget bangeedhh! :'3

    ReplyDelete
  3. dari teman2.. hahaha, kadang jg pas di gramed ato gudang buku gt gak sngaja liat/baca.. ;p
    yg Tarian Bumi (ttg perempuan Bali) itu masa' harganya cm 5rebu di gudang buku, kmaren aku jg dpt kumcer-y penulis ternama 5rebu jg, syg banget, kesian pnulisnya.. tp aku untung sih :p
    lg ada di tizh itu bukunya, okei ntar baca ajaa.. (=
    beli buku sennn di sono, yg bagus2.. ;p;p;p

    kita tabung dulu yaaa ini kangennyaaa, smuga HPS bs ketemu smuaaaa ('=

    ReplyDelete