Monday, October 10, 2011

Wisata Rawa @ Elkhorn Slough

Holla Amigo!
Cerita jalan2 ini mestinya saya posting kmaren minggu, tapi malemnya saya ketiduran gara2 lama bgt upload fotonya. So now, sit back and enjoy! :)


girl in blue under a blue blue sky!
Hari ini saya sama housemate saya jalan2 ke objek wisata di deket-deket rumah saya di Watsonville. Kali ini saya pergi ke reservasi coastal wetland dan estuary di area Monterey Bay, namanya Elkhorn Slough. Reservasi ini adalah salah satu estuary terluas di California loh. Firstly, saya pikir cuma sekedar rawa-rawa biasa kaya di Indonesia gitu, ternyata pas sampe, tempat ini bener-bener dikelola dengan sangat baik, bahkan dijadikan tempat research juga. Tiket masuk cuma $2.5/ orang dan sebelum mulai jalan-jalan ke rawa, kita dikasi peta dan penjelasan sama ranger-nya. Ternyata reservasi ini punya trail sepanjang 17.1 mil dengan 8 stop point with different view. Asiknya lagi, pengelola juga sedia binokular buat dipinjem sama pengunjung free of charge! :)
masuknya muraah! Yippi!

at information center: some explaining about native plants 
contour map: push the button and we'll see where the water will flow
Dari 8 point, kita cuma sempet ngelilingin 4 point aja soalnya kita nyampe sana juga udah sekitar jam 1 dan reservasi tutup jam 5. Kita nggak tau kalo ternyata tempatnya bakalan seluas itu dan trailnya bakalan sepanjang itu. But that's ok, pemandangan yang sempet kita liat semuanya keren, lagipula tempatnya nggak terlalu jauh dari rumah dan tiket masuknya murah, jadi mungkin aja besok-besok kita punya kesempatan buat kesana lagi.

Briefly, saya suka banget sama tempat ini. Kita bisa jalan-jalan santai (apalagi trailnya mostly datar jadi nggak perlu capek mendaki segala), birdwatching (ada sekitar 200 spesies burung disini), jogging, yang hobi fotografi juga bisa menyalurkan hobinya disini karena banyak banget view bagus, dan pastinya fasilitasnya cukup lengkap dan terawat, pokoknya tempat yang pas buat menyepi (dan pacaran, hahaahh,, tetep ye gw). And no need to mention, udara disini bersih banget, malah disebut-sebut sebagai area paling bebas polusi.






so peaceful!



nyebrang rel kereta ini dulu buat menuju hummingbird island

btw, selama jalan2 disini, saya otomatis dong membandingkan sama Suaka Margasatwa Muara Angke (SMMA) di Jakarta. Saya pernah ke SMMA ini waktu semester 7 dulu pas MK Kuliah Lapang. Sebenernya tempatnya bagus, tapi pengelolaannya aja kali ya yang kurang. Di SMMA, semua trailnya terbuat dari kayu and unfortunately the humid and wet weather of Indonesia make it harder to maintain. Udah cuacanya nggak mendukung, pengelolaannya juga nggak bagus, yaudahh deh susaahh. Udah gitu baru boleh masuk SMMA kalo udah dapet ijin dari Kantor Balai Koordinasi Sumber Daya Alam DKI Jakarta, ya tambah bikin masyarakat agak males lah yaa,, Mau refreshing aja kok ribet..
Yah intinya Indonesia banyak punya objek bagus dan menjual, cuma lagi-lagi pasti terbentur sama masalah pemeliharaan & pengelolaan. Entah itu dana, sumber daya manusia, atau malah kesadaran dari pengunjungnya sendiri. So, landscape architect, this's one of our homework I think,, :)

pulang2, mampir ke Moss Landing, banyak hewan ini lagi bobo tumpuk2an,, hohoo.. (btw, smp skarang saya nggak tau ini seal, sea lion, atau sea otter,, mirip bok!)
Dinner time @ The Whole Enchilada, Mexican restaurant, with pirate ship-like decoration
Seafood enchilada (crab and prawn covered by tortilla with red sauce and melted cheese, served with rice and beans)
hap hap haap!
Hasta luego!

4 comments:

  1. holaa dear :)
    this is a good place, aku suka tempat sepi begini, kondisinya kalo diliat di foto bagusss, banyak airrr dimana2, jadi seger liatnya,, kalo di deket rumah ada tempat begini langsung aku kasih plang 'NO TRESPASS' hehe biar jadi tempat khusus kalo mau lagi sendirian galau, hahaha

    keep posting :*

    nb: di posting ini yg paling bikin surprise adalah jeng jeng jengg.. di fotomu yg pertama kamu keliatan kurus langsing dan ehemmm a little bit sexy with your hot pants :3 (for me only maybe)

    ReplyDelete
  2. hahahahaaa,,, makasihh bondii akhirnya kamu komen, setelah aku paksa2,, hahaa,,

    iyapp tempatnya baguss,, sepi2 gimana gitu yaaa,, kl di indo, org pacaran udah mojok dimana-mana tuh bon,, hoho..

    iyalah, aku emang KURUS dan itu no edit,, ;p

    ReplyDelete
  3. *numpang lewat. hahaha. gangguin orang pacaran aja gw :p

    iyaa sen, it really reminds me to muara angke! awal taun ini gw kesana lagi (as asisten TL). haha. dan yang berubah adalah, hampir smua permukaan airnya ketutup eceng gondok (yg ini keliatan bagus) dan trailnya makin butut -___-'. kita juga ke spot laen yg masih bagian dr muara angkenya, jd ternyata muara angke luas banget. sayangnya sekarang makin ga keurus, udah gitu pake ada perumahan elit segala yg makin gencar pembangunannya. sedih. hope we can do something to make our country better, start from what we can do *misalnya benerin pengelolaan kawasan2 lindung macem gini lah.

    dan seen! plis serap ilmu sebanyak2nya disana dan berbagi sama kita disini.. walopun kita ga bisa (atau belum, aamiin) kesana, boleh lah dapet ilmunya duluan. heheh. keep posting!

    ReplyDelete
  4. aduuhh,, sedih dengernya kalo ga keurus gitu ya cha,, padahal pasti bakalan eksotis (apa sih bahasa gw) banget kalo dikelola dengan baik dan benar. Menurut gw yang paling penting dari reservasi supaya bisa dinikmati oleh pengunjung pasti dari trail planningnya dulu. Coba di Indo dipilih material yg lebih tahan lama biar biaya pemeliharaannya juga ga mahal2 amat.

    Okeh cha, insyaolohh saya bisa memenuhi amanat permaisyuriii,, hohohoo :p

    ReplyDelete