Sunday, November 27, 2011

Thanksgiving!!

Holla!

Happy late Thanksgiving!!
Thanksgiving adalah salah satu holiday yang paling ditunggu-tunggu di Amerika. Thanksgiving selalu jatuh di hari Kamis minggu keempat di bulan November. Saya kurang terlalu ngerti ya asal muasalnya Thanksgiving ini, tapi sih katanya sebagai tanda terima kasih buat orang-orang yang udah nemuin daratan Amerika pertama kalinya (which is mostly European) dan kenapa thanksgiving identik sama kalkun sih katanya karena jaman dulu kala di waktu Amerika masih banyak hutan, kalkunlah hewan yang paling gampang ditemukan. Itu short historynya yang saya juga nggak tau bener atau nggak,, hehee.. So, kemarin tuh kita akhirnya punya long weekend lagi. Mestinya saya libur dari hari Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu. Tapi sayangnya liburan panjang agak terganggu sedikit sama jadwal shift kerja weekend: saya kebagian kerja Sabtunya. But that's oklah.. Well, saya nggak mau ngebahas tentang kerjanya tapi thanksgivingnya.

Jadi pas hari Kamis kemarin, intern diundang sama Luen untuk dinner di rumahnya. Selain intern, ada sodara-sodaranya Luen yang lain. Nah, itu kan malemnya ya, paginya biasanya org2 Amerika udah sibuk masak2 buat dinernya atau mungkin juga lagi sibuk berkunjung ke rumah sodaranya atau kenalannya. Btw, Thanksgiving ini katanya kaya semacam Lebarannya orang Amerika. Mereka yang tinggal jauh dari rumah biasanya bakal pulang kampung. Jadi semacam ajang kumpul-kumpul dan meyambung silaturahmi gitu deh.
Kalo di rumah saya, pagi-pagi ka Chiqa dan Joe udah mulai masak-masak. Ka Chiqa masak lasagna & caserol, joe masak pavlova (traditional Australian dessert) buat dibawa ke rumah Luen. Sedangkan saya masih males-malesan, guling-gulingan, tidur-tiduran. Rencananya mau masak kalkun yang dikasih company, tapi kok malesss yaa? Lagian malemnya juga bakalan makan kalkun di rumah Luen. So, saya nggak jadi masak hari itu dan malah asik aja nonton Thanksgiving Parade di NY yang disiarin di TV (Tou wrote about this), abis bosen nonton trus tidur lagi sampe akhirnya mesti siap2 dinner ke rumah Luen. What a lazy thursday! 

Miller family on action








Selesai dinner sekitar jam 9 dan sampe rumah jam 10 kurang. Nah, malam di hari Thanksgiving ini dikenal orang dengan nama Black Friday. Jadi ini adalah saat dimana toko-toko buka dari jam 12 malem dan semuanya menggelar diskon besar-besaran. Saya dan Ka Chiqa udah berencana ikutan black friday di salah satu mall di dekat rumah saya. Jadi pulang dari rumah Luen, kita tidur dulu simpen tenaga buat belanja nanti. Tapiiii,, ternyata kita berdua nggak ada yang bangun pas jam 12-nya. Hahaa.. Mungkin kita kecapean (atau mungkin kekenyangan) abis dari rumah Luen. Hehee, tapi saya nggak nyesel2 banget juga sih, soalnya nggak Black Friday juga saya udah sering banget belanja. Lagian beberapa store juga memperpanjang Black Friday ini sampe siangnya. Jadi Jumat pagi itu, saya dan Ka Chiqa pun berangkat ke Mall yang dituju. Kita mendatangi beberapa store, seperti Target, Best Buy, dan Northridge Mall. Target itu departemen store yang isinya macem-macem. Dari grocery, elektronik, perlengkapan rumah tangga, semuanya lengkap! Pas sampe sana, suasana lumayan rame tapi masih terkontrollah. Saya beli jeans dan curling iron (kaya rambut saya ga keriting aja yak? hehee..). lanjut ke Best Buy yang khusus jual barang-barang elektronik. Nah, disini baru ruamee banget! Mana nih yang katanya Amerika lagi krisis? bener-bener ga keliatan disini. Antrian di kasir pun panjang banget! Saya kesini mau cari DSLR, kebetulan saya liat di websitenya lagi diskon dan dapet gratis SD card, tapi ternyata harga toko dan harga online beda sodara-sodaraa,, jadi ya saya nggak jadi beli deh.. Abis itu, lanjut ke Northridge Mall. Sama seperti mall-mall di Indonesia, di dalam mall ini banyak toko-toko lagi. Tujuan pertama adalah JC Penney (semacam Metro). Di pintu masuk udah keliatan ada diskon sepatu. Pas masuk, yaolohhh ramenya naujubileee!! Orang bertebaran dimana-mana sampe jalanpun sulit, antrian kasir puanjaang banget, kotak sepatu dan sepatunya juga bertebaran dimana-mana. Diskonnya emang lumayan banget, hampir semua sepatu harganya jadi $20 atau $30 yang harga aslinya sekitar $50an. Sayangnya diskonnya cuma sampe jam 1. Saya dateng sekitar jam setengah 12-an dan ngeliat orang desek-desekan kaya gitu jadi bikin saya nggak semangat belanja. Sempet milih-milih dan nyoba-nyoba juga tapi nggak ada yang sreg. Yasudah deh nggak jadi belanja. Tapi yang saya salut nih, toko sepertinya udah mempersiapkan diri for that kind of madness, terlihat dari banyaknya mbak-mbak dan mas-mas (apa sih ya nyebutnya? pramuniaga?) yang siap membantu nyariin nomor sepatu yang diinginkan customer dan mereka sigap banget loh, kayaknya emang udah terlatih.. Nice!
Dari JC Penney, lanjut liat2 yang lain: Macy's, Wet Seal, Forever 21, Aeropostale, Vans,, masih nggak nemu juga loh yang saya pengen. Udah eneg juga kali ya ngeliat suasana mall yang rame banget. Dan terakhirnya masuk ke Old Navy. Sempet males liat antrian di kasir, tapi akhirnya saya belanja juga sih, dapet sweater dan tights.

Pulang dari shopping udah sekitar jam 6-an. Kita baru inget kalo kalkun nggak ditaro di freezer dari hari kemarinannya, jadi harus cepet-cepet dimasak sebelum bener-bener jadi bangkai. Btw, semua worker di nursery dapet kalkun atau ham gratis dari company tiap Thanksgiving. Mantep kan? Saya nggak tau apa ini kebijakan semua company di Amerika atau cuma di nursery tempat kerja saya aja.
Saya yang dari awal emang nggak semangat masak kalkun karena nggak ngerti caranya akhirnya mesti masak juga deh karena terpaksa dan untungnya ada Ka Chiqa juga yang bantuin. Dengan bantuan resep Martha Stewart dan proses memasak nan ribet yang lebih dari 7 jam (baru selesai dipanggang jam 3 pagi!) akhirnya jadilah kalkun ala Sendyyy! Yippi! Tampilan luarnya menggiurkan yak, rasanya juga not bad lahhh! :9






Yippii! FYI, buat yang belom pernah makan kalkun, rasanya more or less kaya ayam cuma lebih alot sedikit. 

Hasta luego! :D

No comments:

Post a Comment