Sunday, September 25, 2011

I ♥ NYC! (Day One)

Hollaaaa!
I'm back againn! Saya mau menepati janji nulis tentang jalan-jalan saya 3 minggu yang lalu. Firstly, do you remember when I wrote about hurricane Irene (here if you forgot)? Well, ternyata badai tersebut nggak berdampak parah di NYC. Beruntungnya saya, pesawat saya nggak di-cancel seperti pesawat2 sehari sebelumnya karena semua airport di NYC udah dibuka kembali. Bahkan efek-efek badai kaya pohon tumbang dan genangan air sudah hampir tak terlihat. Fiiuhh,, jadi deh liburan sayaa.. :)
Saya berangkat dari rumah hari Senin, 29 Agustus, jam 4 pagi soalnya saya naik pesawat jam 6.30 dari San Jose International Airport. Sampe di Laguardia Airport sekitar jam 5.30 sore. Yap, perjalanan memakan waktu sekitar 6 jam ditambah transit 2 jam. Lama memang, karena California itu terletak di west coast sedangkan NY ada di east coast, alias dari ujung ke ujung. 
Setelah pegel-pegel duduk di pesawat, akhirnya sampailah saya di NYC!! Yayyyy! All the skyscrapers, the yellow cabs, subway entrances, everything that mostly I only see in movies, now those were in front of me! :D


Jadi ada 7 orang Indonesian intern yang ngumpul di NYC lebaran kali ini. Oya FYI, tiap tahun pas Lebaran pasti intern pada ngumpul di NYC soalnya kebetulan banget ada rumah yang bisa ditebengin. hehe,, Alhamdulilah yaa,, :) So thanks a lot to Bu Iis yang udah ngasi kita penginapan dan makan gratis selama kita di NY. Bu Iis ini dosen IPB juga lho, beliau udah kurang lebih 4 tahun tinggal di NYC soalnya suaminya lagi dinas di BRI NY. Dan beruntungnya lagi, kita-kita ini jadi angkatan terakhir yang bisa ngerayain Lebaran di rumah Bu Iis soalnya tanggal 20 September kemarin beliau baru aja pulang ke Indonesia karena masa dinas sang suami di NYC sebentar lagi berakhir.

With Bu Iis and family
Hari Senin, which is Lebaran hari pertama, saya ikut teman-teman muslim saya ke Masjid Al-Hikmah untuk Sholat Ied. Saya sih nunggu di luar mesjid aja. Selama nunggu, saya nggak berasa lagi di Amerika lho, soalnya jarang-jarang ngeliat masjid yang lumayan gede gitu disini dan terletak di tengah-tengah kota gitu, terlebih lagi Masjid tsb juga menggunakan pengeras suara saat melaksanakan ibadah. Okay, maybe I just think too narrow all this time. I kinda surprised, ternyata di negara ini dimana umat muslim merupakan minoritas, US citizen bisa menerima dan bahkan sangat menghormati kegiatan umat muslim di daerah tersebut. What a wonderful world! :) (Beda banget sama Indonesia, yang dikit2 rusuh masalah agama :( ). Kalo nggak salah juga Masjid tsb merupakan Masjid yang didirikan oleh Indonesian Moslem Community di NY tapi saya liat nggak cuma orang Indonesia aja yang pake Masjid itu tapi juga Mid-eastern. Hebat yah! :)

suasana setelah Sholat Ied
In front of Masjid Al-Hikmah
Selesai Sholat Ied, kita pulang ke rumah Bu Iis. Sampai rumah, makanan Lebaran sudah lengkap tersedia. Ada opor, ketupat, sambel ati.. Pokoknya sesuatuu deh! Hahaa! :D 
Selesai makan, akhirnya saat yang dinanti-nantikan tiba: keliling New York! Aaaaa! One more thing: kita dapet guide gratisan dadakan, namanya Luqman, dia orang Indonesia yang ikut makan-makan Lebaran di rumah Bu Iis. Dia udah tinggal di US dari SMA dan sekarang lagi kuliah di Hunter College NY jurusan Biologi Kedokteran. Pas kita lagi bingung-bingung ngobrol mau kemana abis makan, dia dengan baik hati menawarkan diri nganterin kita jalan-jalan. Yippii!

with our super nice guide, Luqman (the one with green polo) 
Pertama-tama, kita diajak ke Lexington Avenue. Gampangnya, Lexington Avenue ini salah satu dari sekian banyak pusat bisnis di NY. Di sepanjang kanan dan kiri jalan banyak toko branded berjejer, macem Zara, Victoria Secret, Banana Republic, dll. Kita sih nggak belanja yaa, cuma menikmati suasana yang bener-bener urban di sekitar kita, karna most of us menetap di daerah rural alias ndesoo :p
Sempet juga mampir ke kampusnya Luqman, Hunter College. Sumpe yee,, saya jadi kepengen kuliah di NY loh, suasananya asik banget. Dapet gitu gaulnya (yayayaaa..)
Di tengah jalan, kita nemu gedung Konsulat Jendral Republik Indonesia (KJRI) di NY yang juga lagi ngerayain Lebaran. Sempet masuk bentar buat liat-liat dan nggak lupa nyomot makanan (ada tape uli dan empek2 bok, sayang kan kalo ga diambil). Di salem gedung lagi-lagi ga berasa kaya lagi di Amrik secara semua orang ngomong bahasa Indonesia. Acaranya lumayan resmi, yang cowok pada pake batik, yang cewek pake kebaya, lah kita pakenya jeans & kaos, makanya ga enak lama-lama di dalem. Hehee..

Konsulat Jendral Republik Indonesia NY
suasana Lebaran di KJRI
Dari KJRI kita lanjut ke Metropolitan Museum of Art (ussually called MET). Dari Lexington Avenue ke MET, kita jalan beberapa blok ngelewatin Central Park. Eughh,, pengen banget sebenernya masuk dan muter-muter di dalem Central Park ini. Secara ya saya anak lenskep gitu loh,, jadi pengen aja liat karya om Frederick Law Olmsted yang merupakan salah satu taman buatan terbesar yang terletak di tengah-tengah kota se-urban New York (mendadak inget pelajaran apa gitu pas masih kuliah..). Tapi apa daya waktunya nggak cukup. Beruntunglah mereka yang tinggal di NY. Tapi yah yang penting pernah ngelewatin pinggirannya aja deh yaa.. (kasiaann dehh..). Well, about MET, menurut saya, museumnya mirip-mirip sama de Young Art Museum di San Fransisco (ini juga belum sempet saya tulis cerita jalan2 saya di blog). Banyak koleksi pelukis terkenal dari berbagai era dan berbagai aliran. Dan nggak cuma lukisan, tapi ada patung, trus juga macem2 peninggalan dari ribuan tahun yang lalu dan dari berbagai etnis. Sayangnya jam 4 museumnya udah harus tutup dan kita harus rela keluar padahal belom puas ngelilingin semuanya.




Well, perjalanan hari itu nggak berhenti sampai disitu kok. :) Lanjut dari MET, kita naik subway. Nggak tau itu turunnya di daerah apa, tapi tau2 pas naik ke atas abis dari subway, kita udah ada di dalam Madison Square Garden. Buat yang nggak tau, Madison Square Garden ini salah satu tempat/arena paling happening karena banyak artis dan penyanyi yang menggelar show atau konser disitu. Wuidiihh,, di atasnya tempat konser, di bawah tanahnya terminal kereta. Bener2 cara pemanfaatan lahan yang efisien dan patut dicontoh. Kewll! Keluar dari Madison Square Garden, pas banget di seberangnya ada gedung Unites State Post Office yang guedeenyaa pooll! Beneran deh nggak tau itu kantor pos ngurusin surat berapa banyak dan dari mana aja. Ckckck...



Okeh lanjut, dari situ kita jalan ke suatu tempat namanya High Line Park. Firstly, I completely had no idea what's that place look like or what would be interesting about the place that make Luqman really wanted to showed us. Ternyataaaa.. High Line Park itu taman yang dibuat di sepanjang jalur kereta api yang udah nggak dipake lagi. And OMG, it's soooo mucchhh beautiful! I love love love loveeeeee the park so much. Even, I know I would love High Line Park waaayy more than Central Park eventhough I haven't had a chance to step on Central Park directly. Call me lebay,, but yeah I'm in love with this park for the first sight. ihikhikk. ♥u♥
So, menurut Wikipedia, Taman sepanjang 1,6 km ini partly opened in 2009. So, it's quite new and many plants (mostly the trees) haven't establish yet. But still, believe me, everything in that park is just right. The design, the facilities, the zone dividing, the circulation, the plants, the view around park.. Well, saya emang bukan mahasiswa yang jago banget di mata kuliah desain dan perencanaan atau apalah itu waktu kuliah dulu, tapi the general aim of the park is to make the user feel rerfesh, comfort, enjoy and not harm them kan yah? Yah, garis besarnya begitulah ya (correct me if I'm wrong)? Dan saya ngerasain itu semua. Saya nyaman sekali berada di dalam taman tersebut. Hail to the landscape architect! :))





banyak banget orang pacaran *mupeng :p

lengkap dengan food court with great view

super comfort wood bench
Yah, setelah leyeh-leyeh dan mengagumi segala sisi dari High Line Park sampe langit lumayan gelap, next destination is Times Square! But before, kita sempet mampir ke Chelsea Market yang letaknya ada di deket High Line Park. Jadi Chelsea Market ini semacam pusat jajanan underground alias letaknya di bawah tanah. Bener-bener nih tata kotanya NY boleh banget dicontoh buat diterapkan di Jakarta. Yah, semoga suatu hari nanti Jakarta bisa berubah jadi kota rapi kaya NY. Amiinnn. :)

peta semi maket, keweenn..
Singkat kata, kita sampe di Times Square and the night view was amaaazziing! Yah, ga beda sih dari yang selama ini saya liat di tipi, tapi ini sekarang di depan mata gw meenn.. hahaa! :p. Lights everywhere! And also street artists! Dari pengamen (tapi pengamennya keren), ngelukis pake pilox, sampe yang kaya di foto ini nihh,, semuanya ada. Hahaa!

naked cowboy
Check the video below! It's pretty cool, isn't it? I have similar video but too lazy to upload it on Youtube, hehee..


Di ujung Times Square ada tangga merah dan banyak banget orang yang duduk-duduk di situ, so kita ikutan duduk-duduk menikmati keriuhan malam di Time Square yang semakin malam semakin rame. Kalo ngeh, video klip Jay Z ft Alicia Keys yang Empire State of Mind juga ada yang ngambil spot disini loh.
Eh, pas banget juga lagi ada cowok yang ngelamar pacarnyaa.. Ahh,, so sweet! :)


Okeyy,, that's the end of day one walking around New York. Part I love the most: High Line Park of course!!! You can check out my facebook account for more pictures.
Biar ga kepanjangan, post tentang NY saya bagi 2 yaa. See you in another post!

Hasta luego! :)

4 comments:

  1. whoaaa,, asiknyaa seen,, jadi enpi ayee..haha.. Keren bgt ya disana, keep sharing sen,, have a lot of nice experiences there! :)

    ReplyDelete
  2. whoaaa juga! hehe,, makasih pram tetep setia baca blog aye, padahal jarang di-update,, hoho! :D

    ReplyDelete
  3. gw suka gaya nulisnya sen..and the pictures too.. what a beautiful scenery!
    gw juga jarang update, kalo lg mestakung baru update,hehe. keep writing!

    ReplyDelete
  4. hampir semua yg kamu tulis aku suka, tulisan dan foto-fotonya, mungkin seperti ini gaya sendy menulis blog :), jadi kalo orang baca tulisan di blog ini yah harusnya ngerasain gaya tulisannya khas seorang sendy,,
    semua foto di blog ini aku suka, kontras dan cerah, keliatan suasana cerianya, except the last photo that showed a naked guy :p
    keep posting!

    ReplyDelete