Saturday, November 29, 2014

Diet What Diet?

Well, Hello there!

It's been a while I know. I just don't know what to tell. But now, saya pengen cerita aja pengalaman tentang diet saya sejak 2 minggu yang lalu. It's called Diet Mayo. This diet has been discussed widely on social media lately. Saya kan orangnya mainstream banget yah (alias suka ikut-ikutan), trus liat orang2 ngepost di instagram tentang diet ini and how succesful they loss a couple kilos. I mean, in only 2 weeks they said they can loss about 5-13 kilos. Say whaatt..

Sebelumnya saya nggak pernah ikut diet-diet apapun itu namanya. And for some diet, I just feel they're ridiculous. Tapi ini kok canggih banget. Ngeliat IG artis-artis like Fitrop yang katanya turun 6 kg jadi penasaranlah saya. 

Tapi tapi tapii.. sebenernya sih saya nggak perlu-perlu banget diet. Tinggi saya 168 cm dan berat selalu antara 56-58. Nah 58 pun sebenernya udah ideal kan yah. Tapi namanya juga wanita, selalu merasa gemuk kalo liat kaca. Hahahaa. Nah tapi kalo saya googling, diet ini bisa mengembalikan kondisi kimia tubuh jadi lebih baik gitu. So nggak ada salahnya kan, bisa bikin sehat juga. And I want to challenge myself, will I survive 13 days no salt, no ice, no rice? Hmm.. 

Awalnya mikir diet ini cuma bisa dijalanin dengan cara berlangganan catering khusus Diet Mayo, yang which is harganya lumayan maheull buat lunch & dinner selama 2 minggu. Trus sekitar 3 minggu yang lalu, saya & temen kantor ngomongin tentang ini dan dia ngajakin saya buat ikutan nyoba. Katanya ga mesti ikut catering, trus dia kirimin saya menunya selama 2 minggu. 

Dan pas saya googling juga banyak yang nulis tentang menu diet mayo ini. Yang lumayan saya ikutin menunya nih dari blog ini dan ini dan juga dari yang temen saya kirimin. Menunya rata-rata sama, paling beda-beda dikit di sarapan. Dan ternyata nyiapinnya gampang, bahan-bahannya pun gampang dicari di pasar tradisional/modern. Yang susah-susah gampang adalah ngakalin makanan itu biar lebih berasa dan enak dimakan walaupun dimasak tanpa garam.


Jadii,, gimana rasanya sen diet mayo?

Hambaarrr! Hari pertama tuh menu lunchnya telur rebus, kentang, bayem. semuanya direbus tok! Telur sama kentangnya saya kasi lada biar ada rasanya dikit. Dan bayam ga dikasi apa-apa. Gilak hambar pisann. Tapi hari-hari berikutnya mulai cari cara biar makanannya lebih berasa. Thanks to my mom yang ikut bantuin saya masak dan kasi saran dikasi apa aja biar lebih edible.

Beberapa menu makanan selama 13 hari

Secara porsi, ternyata tetep kenyang lho. Padahal dibeberapa menu, nggak ada nasi atau penggantinya (such as potato), tapi tetep kenyang. Misal di hari ke 4, dinnernya cuma ayam sama lettuce. Itu aja.
Nah, ini juga yang saya suka, makan beginian tuh kenyangnya ngga bikin begah kaya makanan yang biasa kita makan. Kenyangnya pas lah.

Tapi bukan berarti kita nggak bakal laper in between jam makan yah. Teteup laper di jam-jam kritis kaya jam 10 pagi/3 sore. Hehe. Biasanya kalo ngga lagi diet, saya suka ngemilin coklat, gorengan, es krim, pokoknya everything that's not really healthy. Nah, pas lagi diet, saya tahan lapernya dengan minum air. Minuuumm aja terus kaya unta. This is actually good. Saya yang tadinya cuma minum 1 liter sehari di kantor bisa minum sampe 3 liter. Trus misalkan udah ga tahan lagi lapernya, biasanya saya ngemil buah (I don't know this one is a cheat or no thou, they never explain if we can consume anything out of the menu).

Say good bye deh for a while to cemilan-cemilan kantor macem gorengan & martabak. Heu. Di ruangan saya lumayan sering ada cemilan-cemilan gitu. Pastel, molen, martabak, etc. Aakk! Saya masih bisa tahan cemilan asin, tapi kalo udah yang manis-manis macem martabak keju, aduuhh menyiksa deh pokoknya :'3

Oiya, menu favorit saya tuh menu ayam, karena gampang diolah dan rasanya lebih enak dari daging yang hambar. Dan paling nggak suka kalo menunya telur rebus. Eneg. Terakhir-terakhir saya ganti telur rebusnya jadi telur dadar pake bawang, lada, chilli flakes, & oregano, masaknya pake sedikit olive oil. Enyakk!



Jadii.. survive nggak kamu sen?

I proudly say I survived the challenge! Yay! Berhasil 13 hari makan tanpa garam, nggak minum air es, nggak ngemil aneh-aneh, nggak makan nasi. Wihiuu!! Bahkan kalo ada rencana mau jalan abis pulang kantor, saya suka bawa bekal buat malamnya juga, soalnya aturannya makan malam sebaiknya sebelum jam 6. Tapi saya sih suka molor sampe jam 7 - setengah 8. 

Kemaren karaokean abis pulang kantor, yang lain makan french fries, saya mah makannya pisang. Pas nonton Mockingjay, yang lain makannya chips, saya makan pepaya. Hahahaa. Ngenes. Tapi sehat kann? :p

Oiya yang paling berat itu pas weekend. Sabtu minggu kemarin saya sempet jalan ke mall. Udah siapin bekal buat siang dan malam. Tapi trus liat orang-orang makan McD sama Mie Lekker tetep ngilerr.. Tapi tetep bisa tahan kok untungnya :')



Trus trus jadinya turun berapa kilo sen?

Nah ini nih. Hahaa. Walaupun saya survive 13 hari, anehnya (dan sedihnya) cuma turun 1,5 kg. 1,5 KG only sodara-sodara! Hari pertama diet berat saya 56.5 kg, trus hari ke-13 jadi 55 kg. Udah mentok segitu aja. Hihi. Trus saya lupa ngukur lingkar pinggang waktu hari pertama. Karena bisa aja berat udah nggak turun tapi lingkar pinggang yang mengecil.

Carilah 5 perbedaan :p
Eh tapi emang keliatan sama aja yaa. Nyesel deh lupa ngukur lingkar pinggang. 

Emang sih, awal mulai diet ini saya nggak terlalu fokus buat nurunin berat badan, tapi lebih ke pengen ngerasain aja hidup lebih sehat gimana. Tapi tapi tapi.. saya udah nolak martabak, nolak molen, nolak Mie Lekker kok cuma turun sekiloan?!

Okey, mari kita bahas,,
Jadi tiap pagi itu saya masih minum honey lemon shot & minum kopi. Honey lemot shot emang nggak ada di menu but I don't wanna drop this things off just for the sake of this diet. Karena saya ngerasain manfaatnya banget buat badan jadi lebih fit. 
And about coffee. Di menu emang dibolehin minum kopi/teh secangkir plus 1 sendok gula pasir. Nah saya pakenya kopi sachet yang dimana gulanya pasti lebih dari sesendok. Hehe.
Trus yang tentang ngemil buah in between jam makan. Saya nggak tau itu mempengaruhi juga atau nggak. Tapi temen saya yang juga ikut diet ini dan menunya hampir sama dengan saya, dan suka ngemil buah juga bisa turun 3 kg at least. So kayaknya ngemil buah nggak berpengaruh banyak sih.

Jadi nih ya, kayaknya karena berat badan saya udah (ehem..) ideal jadi susah deh buat nurunin lagi. Trus waktu itu juga pernah nimbang di timbangan khusus guru yoga saya, katanya lemak tubuh & lemak perut, & lemak2 lainnya di tubuh saya itu masih bagus dan nggak berlebihan (ini sih lagi pamer aja gitu). Haha. Jadi yaudahlahyaa.. kayaknya saya emang susah mau turun banyak-banyak. But at least akhirnya timbangan menyentuh angka 55 yang which is susyaahh bener selama ini, selalu mentok di 56. Hihiu. Semoga nggak naik lagi yah dalam waktu dekat. Amin.
Trus saya juga nggak mau diet-diet gini lagi. Menyiksaaa. Mendingan berat ideal yang sekarang dijaga aja dengan pola makan yang lebih baik dan nggak lupa olahraga. 
Sok ngomong jaga makan, padahal gara-gara diet ini saya jadi punya wishlist makanan yang mau dimakan di hari ke 14. Dan hari seninnya, which is hari ke 15 udah punya rencana mau makan batagor depan kantor sama temen diet saya. Ahahaha. 

Soooo, demikian pengalaman saya ikutan diet mayo. Semoga curhat panjang saya ini bermanfaat dan semoga yang lain kalo ikut diet ini beratnya turun lebih dari sekilo yaah :p


2 comments:

  1. aku makan malam selaluuuuuuu di atas jam 9/10 dan kopinya terus2ann.. berkurangh sih 3 gelas aja sekarang sehari, hahahahaaa.. *fail banget hidup sehatnya*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah baru liat! Tapi kamu kok tetep langsing gitu. Kopinya paling dikurangin kak. Ganti susu :p

      Delete